mempercepat android

9 Trik Untuk Mempercepat Android

Diposting pada

9 Trik Untuk Mempercepat Android – Halo sobat Yoan Blog. Ingin mempercepat Android? Bosan menunggu di ponsel kamu untuk melakukan sesuatu? Sebelum kamu membeli ponsel lagi, pertama-tama kamu layak mencoba untuk menambah kinerja ekstra dari perangkat kamu saat ini.

Mari kita lihat beberapa cara terbaik untuk melakukan hal itu.

Perbarui ponsel kamu

Pertama dan terpenting, ada baiknya memastikan perangkat kamu sepenuhnya diperbarui. Versi Android yang lebih baru, UI yang diperbarui, patch, atau perbaikan bug akan muncul. Semua itu dapat membantu mempercepat Android.

Untuk mengetahui apakah ponsel kamu membutuhkan pembaruan, buka Pengaturan> Tentang Perangkat> Pembaruan Perangkat Lunak.

Sebaiknya terus-menerus memeriksa pembaruan untuk aplikasi tertentu – terutama hal-hal seperti emulator. Terkadang pembaruan saja dapat membuat perbedaan. Itu berlaku untuk Layanan Google Play juga, mengingat itu mengendalikan hampir semua yang ada di ponsel kamu.

Instal ROM khusus

Jika Google atau operator kamu tidak sedang hadir dengan pembaruan, menginstal ROM khusus dapat menjadi solusinya. Ini pada dasarnya memasang versi khusus Android.

Ini akan membiarkan kamu menginstal mod yang dibangun oleh komunitas untuk memberikan kinerja yang lebih baik atau lebih banyak fitur, atau membuat lompatan ke versi terbaru Android ketika perangkat kamu tidak lagi mendukung secara resmi.

Ada risiko yang melekat ketika melakukan hal ini. Kamu harus melakukan root. Beberapa aplikasi (seperti aplikasi perbankan) tidak akan berfungsi. Kamu dapat membatalkan garansi. Tetapi jika kamu yakin dengan keterampilan teknologi kamu atau kamu bermain-main dengan perangkat lama atau cadangan, metode ini dapat membuat kehidupan baru ke gadget lama dan benar-benar mempercepatnya.

Bersihkan home screen

Sangat penting untuk membersihkan home screen sesekali. Hal yang sama juga berlaku untuk perangkat Android kamu. Jika kamu memiliki layar beranda dengan wallpaper langsung yang tercakup dalam widget yang menampilkan umpan berita, cuaca, dan sosial, kamu mungkin melihat sedikit gejolak ketika beralih antar layar.

Beralih ke peluncur yang lebih baik juga dapat membantu membuat barang lebih nipier. Saya pribadi mencoba untuk membatasi tata letak saya ke satu halaman dengan folder, daripada beberapa layar.

Kurangi animasi

Trik kecil ini cukup terkenal. Ini tidak akan benar-benar mempercepat ponsel kamu, tetapi mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk transisi antara layar dan aplikasi membuat semuanya tampak lebih cepat.

Untuk melakukan perubahan ini, kamu harus mengakses Opsi Pengembang di pengaturan perangkat kamu (juga dalam Pembaruan Perangkat Lunak). Temukan “build number” dan ketuk opsi itu tujuh kali. Sekarang menuju ke menu Opsi Pengembang dan temukan di mana ia mengatakan Skala animasi transisi. Jika kamu mengatur ini ke “off,” aplikasi hanya akan muncul. Kamu juga dapat mematikan skala animasi Window dan skala durasi Animator.

Paksa perenderan GPU

Jangan tinggalkan menu ini dulu! Trik lain yang bisa kamu mainkan di sini adalah render Force GPU. Ini akan menggunakan unit pemrosesan grafik ponsel kamu (GPU) daripada perenderan perangkat lunak untuk beberapa elemen 2D yang belum memanfaatkan opsi ini. Itu berarti rendering UI yang lebih cepat, animasi yang lebih halus, dan lebih banyak ruang untuk bernapas untuk CPU kamu.

mempercepat android

Catatan: GPU membutuhkan lebih banyak daya daripada CPU, jadi ini juga dapat mengurangi masa pakai baterai sekitar 5-15 persen. Panggilanmu.

Menghapus data yang di-cache

Data cache adalah informasi yang disimpan aplikasi kamu untuk membantu mereka melakukan boot lebih cepat – dan dengan demikian mempercepat Android. Browser mungkin menyimpan gambar dari situs web yang sering kamu kunjungi sehingga tidak perlu mengunduh gambar setiap kali kamu memuat halaman.

Data cache sebenarnya harus membuat ponsel kamu lebih cepat. Tapi itu juga dapat berdampak negatif jika cache menjadi kembung (belum lagi jika tidak diperlukan ruang pada perangkat kamu). Untuk aplikasi dengan cache yang menonjol pada sambungan, kamu da dapat menghapus data cache secara individual dengan menavigasi ke info Aplikasi> Penyimpanan> Hapus Cache.

Ada aplikasi di luar sana untuk menyederhanakan proses ini juga, seperti CCleaner.

Matikan Sinkronisasi Otomatis

Jika kamu  memiliki telepon yang relatif modern, kemungkinan ia berperilaku cukup baik dalam sebagian besar kondisi. Satu kali kamu mungkin telah menyadari perlambatan adalah saat mengunduh dan menginstal aplikasi baru.

Hal serupa terjadi sepanjang waktu di belakang layar saat aplikasi kamu disinkronkan. Buka menu Akun di pengaturan kmu dan kamu akan menemukan opsi “Automatically sync data”. Kamu mungkin tidak ingin mengubah ini, kecuali kamu memiliki perangkat lama semata-mata untuk bermain game atau menjelajah. Dengan memilih masing-masing aplikasi dari daftar, kamu harus dapat mematikannya satu per satu atau mengubah pengaturannya di menu mereka sendiri. Berhati-hatilah dengan aplikasi yang kamu pasang dan lupakan tentang hal yang mungkin disinkronkan di latar belakang. Tanyakan kepada diri kamu apakah aplikasi perlu disinkronkan setiap setengah jam, atau apakah sekali sehari sudah cukup.

Layanan latar belakang

Pertimbangkan untuk menghapus layanan latar belakang yang tidak perlu. Layanan latar belakang adalah aplikasi yang berjalan di latar belakang secara terus-menerus. Contoh positif adalah aplikasi SMS, yang berjalan di latar belakang sehingga dapat mendengarkan pesan. Tetapi lebih banyak lagi yang memiliki proses latar belakang. Seringkali itu adalah hal yang baik, tetapi aplikasi lain yang mungkin memperlambat ponsel.

Buka kembali menu Opsi Pengembang dan cari “Background Check.” Di sini, Anda akan melihat aplikasi mana yang memiliki izin untuk berjalan di latar belakang. Hapus yang tidak Anda butuhkan dan hal-hal dapat mempercepat. Ini juga bagus untuk daya tahan baterai.

Overclocking

Jika kamu tertarik untuk meningkatkan performa game, overclock mungkin terdengar menarik.

Overclocking adalah metode yang dicoba dan banyak digunakan oleh gamer PC untuk memaksimalkan kinerja perangkat keras dan dapat bekerja dengan baik di smartphone – selama kamu memiliki root dan aplikasi overclocking yang bagus.

Yang satu ini juga membawa risiko. OEM memberlakukan pembatasan kecepatan clock karena suatu alasan. Mereka mencegah pemanasan berlebih, menguras baterai, dan potensi kerusakan pada internal ponsel.

Bagi mereka yang tidak ingin melakukan root, bermain di lingkungan yang dingin dapat membantu mencegah throttling termal. Meskipun saya tidak berharap ini akan membuat banyak perbedaan nyata untuk sebagian besar kasus penggunaan.

Tentunya, jangan lupa untuk memeriksa menu pengaturan game itu sendiri! Menurunkan pengaturan grafis sering dapat membuat permainan laggy dapat dimainkan kembali.

Semoga bermanfaat

Gambar Gravatar
Saya adalah pendiri dari Yoanblog. Saya ini blogger . Kalau dihitung-hitung, saya ngeblog sudah lumayan lama. Selain ngeblog, saya juga hobi menulis program dalam berbagai bahasa: HTML, CSS, PHP, JS, dan masih banyak lagi,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *